Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5[ImagesOnly]

Style6

Dari Abu ‘Ubaid budak Ibnu Azhar. Ia mengatakan :

شهدت العيد مع عمر بن الخطاب رضى الله تعالى عنه فقال هذان يومان نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صيامهما يوم فطركم من صيامكم واليوم الآخر تأكلون فيه من نسككم

Aku ikut shalat ‘Ied bersama ‘Umar bin Al-Khaththab radliyallaahu ‘anhu lalu ia berkata : “Dua hari ini telah dilarang untuk melakukan puasa padanya : Hari kalian berbuka dari berpuasa (‘Iedul-Fithri) dan hari dimana kalian memakan kurban kalian (‘Iedul-Adlha)” (HR. Bukhari no. 1889 dan Muslim no. 1137).

Imam An-Nawawi berkata : “Ulama telah berijma’ tentang haramnya melakukan bentuk puasa apapun di kedua hari ini, apakah ia puasa nadzar, puasa sunnah, puasa kaffarat, maupun puasa lainnya” (Syarh Shahih Muslim lin-Nawawi 3/207).

Shalat ‘Ied di Mushalla (Tanah Lapang)

Adalah sunnah yang pasti dari Rasulullah shallallaahu ‘laihi ‘alaihi wasallam dan para shahabatnya untuk melaksanakan shalat ‘Ied di mushalla (tanah lapang). Dari Abdillah bin ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma berkata :
كان النبي صلى الله عليه وسلم يغدو إلى المصلى والعنزة بين يديه تحمل وتنصب بالمصلي بين يديه فيصلي إليها

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa berpagi-pagi (menuju) ke tanah lapang pada hari ‘Ied, sedangkan ‘anazah (semacam tombak – Pent.) dibawa di depannya. Ketika beliau sampai di sana, (‘anazah tadi) ditancapkan di depan beliau dan beliau menghadapnya (yaitu dijadikannya sebagai sutrah/pembatas shalat). Hal ini karena tanah lapang itu terbuka, tidak ada yang membatasinya” (HR. Bukhari no. 930).



Dari Abi Sa’id Al-Khudri radliyallaahu ‘anhu ia berkata :
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخرج يوم الفطر والأضحى إلى المصلى فأول شيء يبدأ به الصلاة ثم ينصرف فيقوم مقابل الناس والناس جلوس على صفوفهم فيعظهم ويوصيهم ويأمرهم فإن كان يريد أن يقطع بعثا قطعه أو يأمر بشيء أمر به ثم ينصرف قال أبو سعيد فلم يزل الناس على ذلك…..

“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa keluar menuju tanah lapang pada hari ‘Iedul-Fthri dan ‘Iedul-Adlhaa. Hal pertama yang beliau lakukan adalah shalat. Kemudian beliau berpaling menghadap manusia, dimana mereka dalam keadaan duduk di shaff-shaff mereka. Beliau memberi pelajaran, wasiat, dan perintah. Jika beliau ingin mengutus satu utusan, maka (beliau) memutuskannya. Atau bila beliau ingin memerintahkan sesuatu, maka beliau memerintahkannya dan kemudian berpaling”. Abu Sa’id berkata : “Maka manusia terus-menerus melakukan yang demikian (sebagaimana yang dilakukan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam)…..”  

(HR. Bukhari no. 913, Muslim no. 889, An-Nasa’i dalam Al-Kubraa no. 1785 dan yang lainnya. Lafadh ini milik Bukhari).
Tidak diragukan lagi bahwasannya Masjid Nabawi mempunyai keutamaan yang lebih dari tempat lain (lebih utama seribu kali shalat di tempat lain – Shahih Bukhari no. 1133 dan Shahih Muslim no. 1394). Walaupun demikian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para shahabatnya tetap melaksanakannya di tanah lapang. Hal ini menunjukkan bahwa disyari’atkannya pelaksanaan shalat ‘Ied adalah di tanah lapang. Ibnu Hajar Al-‘Asqalani berkata : “Dari hadits ini diambillah dalil atas sunnahnya keluar ke tanah lapang untuk shalat ‘Ied. Sesungguhnya yang demikian itu lebih utama daripada shalat ‘Ied di masjid karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam terus-menerus melakukan demikian. Padahal shalat di masjid beliau memiliki banyak keutamaan” (lihat Fathul-Bari 2/450). Namun jika ada sesuatu yang tidak memungkinkan mengerjakannya di tanah lapang (karena hujan, atau tidak tersedianya tanah lapang/tanah kosong sebagaimana lazim di sebagian perkotaan padat), maka boleh shalat di masjid. Wallaahu a’lam.

Shalat ‘Ied

1.   Makan Sebelum Shalat ‘Iedul-Fithri dan Tidak Makan Sebelum Shalat ‘Iedul-Adlha

عن بن بريدة عن أبيه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان لا يخرج يوم الفطر حتى يأكل وكان لا يأكل يوم النحر حتى يرجع

Dari (Abdullah) bin Buraidah dari ayahnya : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidaklah keluar (menuju tanah lapang untuk melaksanakan shalat) pada hari raya ‘Iedul-Fithri sebelum makan. Dan tidaklah beliau makan pada hari raya ‘Iedul-Adlhaa sebelum beliau kembali (dari melaksanakan shalat)” (HR. Tirmidzi no. 542, Ibnu Majah no. 1756, Ad-Darimi no. 1600, dan Ahmad no. 23033; dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykatul-Mashaabih 1/248).

2.   Mandi di Pagi Hari Sebelum Melaksanakan Shalat ‘Ied

Dari Nafi’ ia berkata :

أن عبد الله بن عمر كان يغتسل يوم الفطر قبل أن يغدو إلى المصلى

“Abdullah bin ‘Umar biasa mandi pada hari raya ‘Iedul-Fithri sebelum pergi ke tanah lapang (untuk melaksanakan shalat)” (Diriwayatkan oleh Malik no. 426, Asy-Syafi’i dalam Musnad Asy-Syafi’i dalam Kitabul-‘Ied, dan Abdurrazzaq no. 5754 dengan sanad shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh ‘Ali Al-Halaby dalam Ahkaamul-‘Iedain).

3.   Berpakaian yang Bagus

أن عبد الله بن عمر قال أخذ عمر جبة من إستبرق تباع في السوق فأخذها فأتى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله ابتع هذه تجمل بها للعيد والوفود فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم إنما هذه لباس من لا خلاق له فلبث عمر ما شاء الله أن يلبث ثم أرسل إليه رسول الله صلى الله عليه وسلم بجبة ديباج فأقبل بها عمر فأتى بها رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله إنك قلت إنما هذه لباس من لا خلاق له وأرسلت إلي بهذه الجبة فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم تبيعها أو تصيب بها حاجتك

Bahwasannya Abdullah bin ‘Umar berkata : ‘Umar (bin Khaththab) mengambil sebuah baju dari sutera tebal yang dijual di pasar, lalu ia datang kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan berkata : “Ya Rasulullah, belilah jubah ini agar engkau dapat berdandan dengannya di hari raya dan saat menerima utusan. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada ‘Umar : “Ini adalah pakaiannya orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan (di akhirat)”. Maka tinggallah ‘Umar sepanjang waktu yang Allah inginkan. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengirimkan kepadanya jubah dari sutera. ‘Umar menerimanya lalu mendatangi beliau. Ia berkata : “Ya Rasulullah, dulu engkau pernah berkata bahwa pakaian ini merupakan pakaian orang yang tidak mendapatkan kebahagiaan (di akhirat), dan engkau kemudian mengirimkan kepadaku jubah ini”. Maka beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya : “Juallah ia atau penuhilah kebutuhanmu dengannya”

 (HR. Bukhari no. 906, Muslim no. 2068, Abu Dawud no. 1076, dan yang lainnya).

Al-‘Allamah As-Sindi berkata :

[أن التجمل يوم العيد كان عادة متقررة بينهم ولم ينكرها النبي صلى الله تعالى عليه وسلم فعلم بقاؤها]

“Dari hadits ini diketahui bahwa berdandan (membaguskan penampilan) pada hari raya merupakan kebiasaan yang ditetapkan di antara mereka (para shahabat), dan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak mengingkarinya, maka diketahui tetapnya kebiasaan itu” (Hasyiyah As-Sindi ‘alan-Nasa’i 3/181 no. 1560).

4.   Semua Kaum Muslimin Keluar Menuju Tanah Lapang (untuk Melaksanakan Shalat) Tanpa Terkecuali

Bahkan, bagi para wanita yang haidl yang mereka tidak melaksanakan puasa dan shalat pun tetap diperintahkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam untuk datang di tanah lapang menyaksikan pelaksanaan shalat.

عَنْ أمِّ عَطِيَّة نُسيبة الأنصاريَّة رضي الله عنها قالت: أمرنا تعني النبي صلى الله عليه وسلم أن نُخْرِجَ في العيدين العواتق وذوات الخدورِ وأمر الحُيَّضَ أن يعتزلن مصلى المسلمين.
وفي لفظ : كنا نُؤْمَرُ أن نخرج يوم العيد، حتى نخرج البكر من خِدْرها، وحتى نخرج الحُيَّض فيكبرن بتكبيرهم ويدعون بدعائهم يرجون بركة ذلك اليوم وطهرته.

Dari Ummu ‘Athiyyah Nusaibah Al-Anshariyyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami mengeluarkan wanita-wanita muda, gadis-gadis pingitan pada hari raya ‘Iedain (menuju tanah lapang), dan beliau memerintahkan wanita-wanita haidl untuk menjauhi tempat shalat orang-orang muslim1

5.   Berjalan Kaki Menuju Tanah Lapang

عن علي بن أبي طالب قال من السنة أن تخرج إلى العيد ماشيا

Dari ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Termasuk sunnah yaitu engkau keluar (menuju tanah lapang) di hari ‘Ied dengan berjalan kaki” (HR. Tirmidzi no. 530 dan Ibnu Majah no. 1296. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi 1/164).

Imam At-Tirmidzi berkata ketika mengomentari hadits di atas : “Kebanyakan dari ahli ‘ilmu (ulama) mengamalkan hadits ini dimana mereka menyukai seseorang yang keluar menuju shalat ‘Ied (di tanah lapang) dengan berjalan kaki. Mereka (ahli ilmu) juga men-sunnah-kan memakan sesuatu sebelum mereka keluar untuk shalat ‘Iedul-Fithri. Janganlah seseorang menaiki kendaraan kecuali jika ia mempunyai udzur”.

6.   Menempuh Jalan yang Berbeda Ketika Berangkat dan Pulang dari Tanah Lapang

عن جابر قال كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا كان يوم عيد خالف الطريق…..

Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di hari ‘Ied, beliau mengambil jalan yang berbeda (ketika berangkatdan pulang dari tanah lapang)” (HR. Bukhari no. 943).

7.   Takbir ‘Ied

a.   Waktu Disunnahkannya Mengumandangkan Takbir Hari Raya ‘Iedul-Fithri

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يخرج يوم الفطر فيكبر حتى يأتي المصلى وحتى يقضي الصلاة فإذا قضى الصلاة قطع التكبير

“Bahwasannya bila beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar (dari rumah beliau) pada hari ‘Iedul-Fithri, maka beliau bertakbir hingga tiba di tanah lapang dan hingga ditunaikannya shalat. Apabila beliau telah menunaikan shalat beliau menghentikan takbir”

(HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya dan Al-Muhamili dalam Kitab Shalatul-‘Iedaian dengan sanad mursal shahih. Namun memiliki pendukung yang menguatkannya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 171).

b.   Lafadh Takbir Hari Raya
Tidak ada lafadh takbir hari raya shahih yang marfu’ dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam. Hanya saja ada beberapa riwayat shahih dari para shahabat, antara lain :

   Dari Abdullah bin Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ ، لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ، وَاللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ ، وَللهِ اْلحَمْدُ

[Alloohu akbar, alloohu akbar. Laa ilaaha illalloohu walloohu akbar, alloohu akbar wa lillaahil-hamd]

“Allah Maha Besar Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Dan untuk Allah lah segala puji” (Diriwayatkan Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 2/168 dengan sanad shahih).

   Dari Abdullah bin ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma :

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ ، اللهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ ، اللهُ أَكْبَرُ عَلَى مَا هَذَا

[Alloohu akbar alloohu akbar alloohu akbar, alloohu akbar wa lillaahil-hamd, alloohu akbar wa ajallu, alloohu akbar ‘alaa maa hadzaa]

“Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Allah Maha Besar untuk Allah lah segala puji. Allah Maha Besar dan Maha Mulia. Allah Maha Besar atas petunjuk yang diberikan-Nya kepada kita” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi 3/315 dengan sanad shahih).

   Dari Salman Al-Khair radliyallaahu ‘anhu :
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرَا
[Alloohu akbar alloohu akbar allohu akbar kabiira]

“Allah Maha Besar Allah Maha Besar Allah Maha Besar kabiir” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi 3/316) 2.
Takbir ini hendaknya terus diucapkan oleh semua kaum muslimin sampai datangnya imam untuk ditegakkannya shalat ‘Iedul-Fithri.

8.   Waktu Ditegakkanya Shalat ‘Ied

Ibnul-Qayyim berkata : “Beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam mengakhirkan shalat ‘Iedul-Fithri dan menyegerakan shalat ‘Iedul-Adlhaa. Dan adalah Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma – dengan kuatnya upayanya untuk mengikuti Sunnah Nabi – tidak keluar hingga matahai terbit” (Zaadul-Ma’ad 1/442).
Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazaairi berkata : “Waktu shalat ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlha adalah dimulai dari naiknya matahari setinggi satu tombak sampai tergelincir. Yang paling utama, shalat ‘Iedul-Adlhaa dilakukan di awal waktu agar manusia dapat menyembelih hewan-hewan kurban mereka. Sedangkan shalat ‘Iedul-Fithri agak diakhirkan waktunya agar manusia dapat mengeluarkan zakat fithri mereka 3” (Minhajul-Muslim halaman 278).

9.   Tidak Ada Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat ‘Ied

عن بن عباس أن النبي صلى الله عليه وسلم صلى يوم الفطر ركعتين لم يصل قبلها ولا بعدها
Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat ‘Iedul-Fithri dua raka’at, dan beliau tidak shalat sebelum maupun sesudahnya….” (HR. Bukhari no. 921).

Peniadaan shalat sunnah tersebut hanya ketika berada di tanah lapang. Akan tetapi bila ia telah sampai rumah, maka ia boleh shalat sunnah mutlak sebagaimana hadits :

عن أبي سعيد الخدري قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يصلي قبل العيد شيئا فإذا رجع إلى منزله صلى ركعتين

Dari Abu Sa’id Al-Khudry radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak pernah shalat sebelum ‘Ied, tetapi bila beliau pulang ke rumahnya maka beliau shalat dua raka’at” (HR. Ibnu Majah no. 1293; Ahmad no. 11242,11373; dan Hakim 1/297; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil 3/100).

10.   Tidak Ada Adzan dan Iqamat

عن جابر بن سمرة قال صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم العيدين غير مرة ولا مرتين بغير أذان ولا إقامة

Dari Jabir bin Samurah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Aku pernah shalat hari raya bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bukan hanya sekali atau dua kali tanpa adzan dan iqamat” (HR. Muslim no. 887).

Ibnul-Qayyim berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila sampai ke tanah lapang, beliau memulai shalat tanpa adzan dan iqamat, tidak pula ucapan : Ash-Sholaatu jaami’ah [الصلاة جامعة]. Menurut sunnah, itu semua tidak usah dilakukan” (Zaadul-Ma’ad 1/442).

Catatan kaki :
1.  Hadits ini menunjukkan bahwa para wanita haidl diperintahkan untuk mendatangi tanah lapang, akan tetapi tempat mereka agar terpisah dari shaff-shaff kaum muslimin yang melaksanakan shalat (sedikit menjauh). Sebagian ulama juga beristidlal dengan hadits ini atas terlarangnya wanita haidl untuk menetap di masjid. Wallaahu a’lam.
2.  Adapun lafadh takbir hari raya ‘Iedul-Fithri (juga ‘Iedul-Adlhaa) selain dari yang disebut di atas, menurut ulama ahli hadits, bukanlah berasal dari riwayat shahih dari salaf. Allaahu a’lam.
3.  Waktu paling utama mengeluarkan zakat adalah dipagi hari sebelum pelaksanaan shalat ‘Iedul-Fithri.

11.   Kaifiyat Shalat ‘Ied

a.   Dilaksanakan dalam Dua Raka’at
Hal ini berdasarkan riwayat ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu :

صلاة الجمعة ركعتان وصلاة الفطر ركعتان وصلاة الأضحى ركعتان وصلاة السفر ركعتان تمام غير قصر على لسان محمد صلى الله عليه وسلم

“Shalat Jum’at itu dua raka’at, shalat ‘Iedul-Fithri itu dua raka’at, shalat ‘Iedul-Adlhaa itu dua raka’at, shalat safar itu dua raka’at; sempurna tanpa dikurangi menurut lisan Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam” (HR. An-Nasa’i dalam Al-Mujtabaa no. 1420, dan Ibnu Majah no. 1063-1064. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan An-Nasa’i  1/457).

b.   Takbiratul-Ihram, kemudian takbir tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua

عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يكبر في الفطر والأضحى في الأولى سبع تكبيرات وفي الثانية خمسا

Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa : “Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bertakbir pada shalat ‘Iedul-Fithri dan ‘Iedul-Adlhaa tujuh kali pada raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua” (HR. Abu Dawud no. 1149 dan Ibnu Majah no. 1280, dan Baihaqi 3/287; dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/315 dan Irwaaul-Ghalil no. 639).

Imam Al-Baghawi berkata dalam Syarhus-Sunnah (4/309) : Inilah pendapat mayoritas ahli ilmu dari kalangan shahabat dan generasi setelahnya, yaitu takbir tujuh kali pada raka’at pertama setelah takbir iftitah (pembukaan) dan lima takbir pada raka’at kedua selain takbir berdiri sebelum membaca. Pendapat ini diriwayatkan dari Abu Bakar, ‘Umar, ‘Ali, Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Abbas, Abu Hurairah, Abu Sa’id Al-Khudri, dan ini juga merupakan pendapat ahli Madinah dan Az-Zuhri, ‘Umar bin Abdilaziz, Mali, Auza’i, Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq”.

Pada setiap takbir disunnahkan untuk mengangkat tangan. Hal ini sesuai dengan keumuman hadits :

عن وائل بن حجر الحضرمي قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يرفع يديه مع التكبير

Dari Wail bin Hujr Al-Hadlrami radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengangkat kedua tangannya bersamaan dengan takbir” (HR. Ahmad no. 18868; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaaul-Ghalil no. 641).

Tidak ada satu pun riwayat dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam tentang bacaan-bacaan tertentu yang diucapkan di sela-sela takbir tadi. Akan tetapi telah shahih atsar dari Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu :

بين كل تكبيرتين حمد الله عز وجل وثناء على الله

“Diantara dua takbir diucapkan pujian dan sanjungan kepada Allah ‘azza wa jalla” (Diriwayatkan oleh Al-Mahammili dalam Shalatul-‘Iedain 2/121 dengan sanad jayyid. Lihat Irwaaul-Ghalil 3/115).

c.   Membaca Al-Fatihah dan Membaca Surat

لا صلاة لمن لم يقرأ [فيها] بفاتحة الكتاب [فصاعداً]

“Tidak sah shalat seseorang yang tidak membaca di dalamnya Fatihatul-Kitab (Al-Fatihah)” (HR. Bukhari no. 723, Muslim no. 394, dan lain-lain. Lihat Ashlu Shifat Shalat Nabi oleh Syaikh Al-Albani halaman 300).

Sunnah membaca surat Al-A’la dan Al-Ghaasyiyah setelah Al-Fatihah.

عن النعمان بن بشير قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في العيدين وفي الجمعة بسبح اسم ربك الأعلى وهل أتاك حديث الغاشية

Dari An-Nu’man bin Basyir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam biasa membaca Sabbihisma rabbikal-a’la (Surat Al-A’la) dan Hal ataaka hadiitsul-ghaasyiyah (Surat Al-Ghasyiyah) pada shalat ‘Iedain dan shalat Jum’at” (HR. Muslim no. 878).

Atau membaca Surat Qaaf dan Al-Qamar.

أن عمر بن الخطاب سأل أبا واقد الليثي ما كان يقرأ به رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأضحى والفطر فقال كان يقرأ فيهما بق والقرآن المجيد واقتربت الساعة وانشق القمر

Bahwasanya ‘Umar bin Khaththab radliyallaahu ‘anhu bertanya kepada Abu Waqid Al-Laitsi : “Apa yang biasa dibaca oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam shalat ‘Iedul-Adlhaa dan ‘Iedul-Fithri ?”. Ia menjawab : “Beliau biasa membaca Qaaf, wal-qur’aanil-majiid (Surat Qaaf) dan Iqtarabatis-saa’ati wan-syaqal-qamar (Surat Al-Qamar)” (HR. Muslim no. 891).

d.   Kaifiyat lainnya seperti shalat biasa, tidak ada perbedaan.

12.   Tertinggal Shalat ‘Ied

Orang yang tertinggal shalat hari raya secara jama’ah, hendaknya ia shalat dua raka’at. Imam Bukhari membuat bab dalam Shahih-nya : Bab Apabila Seseorang Ketinggalan Shalat ‘Ied Maka Hendaknya Ia Shalat Dua Raka’at. Kemudian beliau menyebut atsar ‘Atha’ secara mu’allaq : “Apabila ketinggalan shalat ‘Ied, maka ia shalat dua raka’at” (Di-maushulkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Al-Firyabi dengan sanad shahih. Lihat Mukhtashar Shahih Bukhari 1/302 no. 198).

Imam Malik berkata :
في رجل وجد الناس قد انصرفوا من الصلاة يوم العيد إنه لا يرى عليه صلاة في المصلى ولا في بيته وأنه إن صلى في المصلى أو في بيته لم أر بذلك بأسا ويكبر سبعا في الأولى قبل القراءة وخمسا في الثانية قبل القراءة
“Apabila seseorang mendapati orang-orang telah selesai mengerjakan shalat ‘Ied, (sebagian orang berpandangan bahwa) ia tidak perlu mengerjakan shalat di tanah lapang maupun di rumahnya. (Akan tetapi), bila ia shalat (sendirian) di tanah lapang atau di rumahnya, menurutku hal itu tidak mengapa. Hendaklah ia bertakbir tujuh kali di raka’at pertama dan lima kali pada raka’at kedua sebelum Al-Fatihah” (Al-Muwaththa’ no. 891).

13.   Khutbah ‘Ied

a.   Khutbah Dilaksanakan Setelah Shalat.

عن بن عباس قال شهدت العيد مع رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان رضى الله تعالى عنهم فكلهم كانوا يصلون قبل الخطبة

Dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : “Aku menghadiri shalat ‘Iedul-Fithri bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar, ‘Umar, dan ‘Utsman. Semuanya melaksanakan shalat sebelum khutbah” (HR. Bukhari no. 919 dan Muslim no. 884)

b.   Hukum Menghadiri Khutbah adalah Sunnah, Tidak Wajib.
عن عبد الله بن السائب قال شهدت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم العيد فلما قضى الصلاة قال إنا نخطب فمن أحب أن يجلس للخطبة فليجلس ومن أحب أن يذهب فليذهب

Dari Abdullah bin Saib radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Aku menghadiri ‘Ied bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Ketika telah selesai shalat, maka beliau bersabda : “Sesungguhnya kami akan berkhutbah. Barangsiapa yang ingin duduk untuk mendengarkan khutbah, hendaklah ia duduk. Dan barangsiapa yang ingin pergi, maka silakan ia pergi” (HR. Abu Dawud no. 1155, Ibnu Majah no. 1290, dan yang lainnya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/316).

c.   Khutbah Dimulai dengan Pujian dan Tasyahud kepada Allah.
Telah menjadi sunnah yang tsabit (tetap) dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila beliau akan memulai khutbah, maka beliau memulainya dengan pujian kepada Allah ta’ala.

عن جابر قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب الناس يحمد الله ويثني عليه بما هو أهله ثم يقول من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وخير الحديث كتاب الله

Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Adalah Rasulullah berkhutbah kepada manusia, beliau memuji Allah dan menyanjungnya yang memang Dia pemilik (puji-pujian dan sanjungan). Dan kemudian beliau mengucapkan : “Barangsiapa yang Allah pimpin, tidak ada satupun yang menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada satupun yang akan bisa menunjukinya”. Kemudian beliau mengucapkan : “Amma ba’du, maka sesungguhnya sebaik-baik perkataan itu adalah adalah Kitabullah” (HR. Muslim no. 867).

عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال كل خطبة ليس فيها تشهد فهي كاليد الجذماء

Dari Abi Hurairah radliyallaahu ‘anhu, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda : “Setiap khutbah yang tidak (dimulai) dengan tasyahhud, maka ia (khutbah) itu sepeti tangan yang berpenyakit” (HR. Abu Dawud no. 4861. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 169).

d.   Khutbah ‘Ied Dua Kali Diselingi dengan Duduk (Seperti Shalat Jum’at) ?
Yang rajih dalam hal ini adalah bahwa khutbah ‘Ied itu satu kali dan tidak diselingi dengan duduk. Dasarnya adalah :

شهدت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة يوم العيد فبدأ بالصلاة قبل الخطبة بغير أذان ولا إقامة ثم قام متوكئا على بلال فأمر بتقوى الله وحث على طاعته ووعظ الناس وذكرهم ثم مضى حتى أتى النساء فوعظهن وذكرهن فقال تصدقن فإن أكثركن حطب جهنم فقامت امرأة من سطة النساء سفعاء الخدين فقالت لم يا رسول الله قال لأنكن تكثرن الشكاة وتكفرن العشير قال فجعلن يتصدقن من حليهن يلقين في ثوب بلال من أقرطتهن وخواتمهن

Dari Jabir bin ‘Abdillah radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Aku hadir bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pada hari ‘Ied. Beliau memulai shalat sebelum khutbah tanpa adzan dan iqamat. Kemudian beliau berdiri dengan berpegangan kepada Bilal. Lalu beliau memerintahkan untuk bertaqwa kepada Allah, menganjurkan ketaatan kepada-Nya, lalu beliau memberi nasihat dan mengingatkan mereka. Kemudian beliau berjalan hingga mendatangi wanita, menyampaikan nasihat kepada mereka dan mengingatkan mereka, lalu bersabda : “Wahai sekalian wanita, hendaklah kalian mengeluarkan shadaqah, karena kalian adalah kayu bakar Jahannam yang paling banyak”. Seorang wanita dari kerumunan para wanita yang kedua pipinya kehitaman, berdiri dan berkata : “Mengapa wahai Rasulullah?”. Beliau menjawab : “Karena kalian banyak mengeluh dan mengingkari suami”. Jabir berkata : “Maka mereka dengan segera bershadaqah dengan perhiasan mereka, dengan melemparkan ke kain Bilal, berupa anting-anting dan cincin mereka” (HR. Muslim no. 885).

Dhahir hadits di atas menunjukkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam hanya berkhutbah sekali dan kemudian pergi ke tempat para wanita. Adapun hadits yang menyebutkan bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dua kali (sebagaiman khutbah Jum’at), maka ia adalah hadits dla’if.

عن جابر قال خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم فطر أو أضحى فخطب قائما ثم قعد قعدة ثم قام
Dari Jabir ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam keluar pada hari raya ‘Iedul-Fithri atau ‘Iedul-Adlha, maka beliau berkhutbah dengan berdiri, kemudian duduk, dan kemudian berdiri kembali” (HR. Ibnu Majah no. 1289 – dla’if/munkar. Lihat Dla’if Sunan Ibni Majah 1/95).

Adapun apa yang diriwayatkan dalam Shahih Ibnu Khuzaimah no. 1446 (shahih) :
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يخطب الخطبتين وهو قائم وكان يفصل بينهما بجلوس
“Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dua kali dengan berdiri dan memisahkan antara dua khutbah itu dengan duduk” ;

maka ini adalah shifat khutbah Jum’at. Hal itu dikarenakan dalam riwayat lain, hadits tersebut dibawakan dengan redaksi :
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخطب يوم الجمعة قائما ثم يجلس
“Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkhutbah pada hari Jum’at dengan berdiri kemudian duduk…”  (HR. Muslim no. 861).

14.   Bila ‘Ied Bertepatan dengan Hari Jum’at
Apabila hari raya ‘Ied jatuh bertepatan dengan hari Jum’at, maka kewajiban melaksanakan shalat Jum’at bagi laki-laki (yang telah melaksanakan shalat ‘Ied di hari itu) menjadi gugur – akan tetapi ia wajib melaksanakan shalat Dhuhur. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

قد اجتمع في يومكم هذا عيدان فمن شاء أجزأه من الجمعة وإنا مجمعون
“Pada hari ini telah berkumpul dua hari raya pada kalian. Maka barangsiapa yang ingin, maka tidak ada kewajiban Jum’at baginya. Karena sesungguhnya kita telah  dikumpulkan” (HR. Abu Dawud no. 1073 dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 1/296).

Bolehnya Mendengarkan Rebana (Duff) yang Dimainkan oleh Anak Kecil di Hari Raya

عن عائشة قالت دخل علي رسول الله صلى الله عليه وسلم وعندي جاريتان تغنيان بغناء بعاث فاضطجع على الفراش وحول وجهه ودخل أبو بكر فانتهرني وقال مزمارة الشيطان عند النبي صلى الله عليه وسلم فأقبل عليه رسول الله عليه السلام فقال دعهما فلما غفل غمزتهما فخرجتا وكان يوم عيد يلعب السودان بالدرق والحراب فإما سألت النبي صلى الله عليه وسلم وإما قال تشتهين تنظرين فقلت نعم فأقامني وراءه خدي على خده وهو يقول دونكم يا بني أرفدة حتى إذا مللت قال حسبك قلت نعم قال فاذهبي

Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memasuki rumahku sedang aku bersama dua orang anak perempuan kecil yang sedang mendendangkan nyanyian Bu’ats. Lalu beliau berbaring dan mengarahkan wajahnya ke arah lain. Kemudian Abu Bakar masuk dan memukulku seraya berkata : “Ada seruling syaithan di dekat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam”. Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menghadapkan wajahnya kepada Abu Bakar seraya bersabda : “Biarkan saja mereka berdua”. Ketika Abu Bakar lengah, aku mencubit kedua anak perempuan itu dan merekapun pergi keluar” (HR. Bukhari no. 907 dan Muslim no. 892).

Al-Hafidh Ibnu Hajar berkata :
 [وفي هذا الحديث الفوائد مشروعية التوسعة على العيال في أيام الاعياد بأنواع ما يحصل لهم بسط النفس وترويح البدن من كلف العبادة وأن الإعراض عن ذلك أولى وفيه أن إظهار السرور في الاعياد من شعار الدين]

“Dalam hadits ini ada beberapa faedah, yaitu disyari’atkannya untuk memberikan kelapangan kepada keluarga pada hari-hari raya untuk melakukan berbagai hal yang dapat menyampaikan mereka pada kesenangan jiwa dan istirahatnya tubuh dari beban ibadah. Dan sesungguhnya berpaling dari hal itu lebih utama. Dalam hadits ini juga menunjukkan bahwa menampakkan kegembiraan pada hari-hari raya merupakan syi’ar agama” (Fathul-Bari 2/307 no. 907)

Ucapan Selamat (Tahniah) Hari Raya

Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani dalam Fathul-Bari 2/310 mengatakan : “Kami meriwayatkan dari guru-guru kami dalam Al-Mahamiliyyat dengan sanad hasan dari Jubair bin Nufair, beliau berkata :
عن جبير بن نفير قال كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض : تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ
Para shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam apabila mereka saling jumpa pada hari raya, sebagian mereka mengucapkan pada lainnya : “Taqabbalalloohu minnaa wa minka” (Semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu).

Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dalam Al-Mughni 2/259 menyebutkan :

أن محمد بن زياد قال‏:‏ كنت مع أبي أمامة الباهلى وغيره من أصحاب النبي – صلى الله عليه وسلم- فكانوا إذا رجعوا من العيد يقول بعضهم لبعض‏:‏ تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ وقال أحمد‏:‏ إسناد حديث أبي أمامة إسناد جيد

“Bahwasannya Muhammad bin Ziyad pernah berkata : Aku pernah bersama Abu Umamah Al-Bahily dan selainnya dari kalangan shahabat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam; apabila mereka kembali dari ‘Ied, sebagian mereka mengucapkan kepada sebagian yang lain : “Taqabbalalloohu minnaa wa minka” (Semoga Allah menerima amalanku dan amalanmu). Imam Ahmad berkata : Isnad hadits Abu Umamah jayyid (bagus)”.

Adapun ucapan selain yang dicontohkan tersebut, hendaknya kita tinggalkan dan kita gantikan dengan yang dicontohkan. Allah telah berfirman :

أَتَسْتَبْدِلُونَ الّذِي هُوَ أَدْنَىَ بِالّذِي هُوَ خَيْرٌ
“Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang baik” (QS. Al-Baqarah : 61).

Puasa Syawal
1.   Puasa Enam Hari di Bulan Syawal Sebanding dengan Puasa Setahun
Disunnahkan mengiringi puasa Ramadlan dengan puasa enam hari di bulan Syawal dan itu sebanding dengan puasa setahun. Diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshari radliyallaahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadlan, lalu ia mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa selama setahun” (HR. Muslim no. 1164, Abu Dawud no. 2433, At-Tirmidzi no. 759, dan lain-lain).

Imam An-Nawawi berkata : “Para ulama mengatakan bahwa itu sebanding dengan puasa setahun karena satu kebaikan balasannya sepuluh kali lipat dan puasa sebulan Ramadlan sama dengan puasa sepuluh bulan. Sedangkan puasa enam hari sama dengan puasa dua bulan. Keterangan ini juga terdapat pada hadits marfu’ dalam kitab An-Nasa’i” (Syarah Shahih Muslim lin-Nawawi 3/238).

2.   Tidak Disyaratkan Melakukannya Secara Berurutan
Hal itu sesuai dengan kemutlakan hadits : “lalu ia mengiringinya dengan puasa enam hari”. Kalimat hadits ini tidak menunjukkan keharusan melakukannya secara berurutan. Imam Ahmad berkata : “Nabi mengatakan : ‘Enam hari dari bulan Syawal’ ; maka bila seseorang berpuasa enam hari tersebut, ia tidak peduli apakah dilakukan secara acak atau berurutan” (Masa’il Abdullah bin Ahmad bin Hanbal halaman 93).

3.   Bolehkan Mendahulukan Puasa Enam Hari Bulan Syawal dari Meng-Qadla Puasa Ramadlan ?
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menjawab : “Di sini ada satu masalah yang perlu dijelaskan. Yaitu bahwa puasa enam hari bulan Syawal tidak boleh didahulukan dari meng-qadla puasa Ramadlan. Jika itu terjadi, maka puasa tersebut menjadi puasa sunnah mutlak dan pelakunya tidak memperoleh pahala seperti yang dijelaskan Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam haditsnya :

من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال كان كصيام الدهر
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadlan, lalu ia mengiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa selama setahun”.

Hal itu karena bunyi hadits tersebut adalah : Barangsiapa yang berpuasa Ramadlan, dan ini sangat jelas. Sebagian pengkaji ilmu mengira bahwa masalah perbedaan tentang sahnya melakukan puasa sunnah sebelum meng-qadla puasa wajib berlaku pula pada masalah ini. Padahal masalah ini tidak berlaku pada kasus yang satu ini, karena haditsnya jelas menyatakan bahwa tidak ada puasa enam hari kecuali setelah meng-qadla puasa Ramadlan” (Asy-Syarhul-Mumti’ 6/448). Wallaahu a’lam.

DAFTAR PUSTAKA
Abdul-‘aziz, Usamah. Puasa Sunnah : Hukum dan Keutamaannya (Judul Asli : Shiyaamu Tathawwu’ Fadlaailu wa Ahkaam). Daarul-Haq. Cet. I. 1425/2004 M. Jakarta.

Ad-Daarimi, ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman bin Fadhl bin Bahram. Sunan Ad-Daarimi. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).

Al-Albani, Muhammad Nashiruddin. Ashlu Shifat Shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam minat-Takbiir ilat-Tasliim. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. 1427/2006 M. Riyadl.

____________________________. Dla’if Sunan Ibni Majah. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. 1417 H/1997 M. Riyadl.

____________________________. Irwaa’ul-Ghaliil fii Takhriiji Ahaaditsi Manaaris-Sabiil. Al-Maktab Al-Islami. Cet. I. 1399/1979 M.

____________________________. Mukhtashar Shahih Al-Imam Al-Bukhari. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. 1422/2002 M. Riyadl.

____________________________. Risaalah Qiyaami-Ramadlaan : Fadlluhu wa Kaifiyyatu Adaaihi wa Masyru’iiyatul-Jamaa’ati Fiih. Al-Maktabah Al-Islamiyyah. Cet. VI. 1413.

____________________________. Shahih wa Dla’if Al-Jami’ Ash-Shaghir wa Ziyaadatihi. Al-Maktab Al-Islamy. Cet. III. 1408 H/1988 M. Damaskus.

____________________________. Shahih At-Targhib wat-Tarhib. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. 1412 H. Riyadl. (Maktabah Sahab – down load from : www.sahab.org/books).

____________________________. Shahih Sunan Abi Dawud. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. 1419 H/1998. Riyadl.

____________________________. Shahih Sunan An-Nasa’i. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. 1419 H/1998 M. Riyadl.

____________________________. Shahih Sunan At-Tirmidzi. Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. 1420 H/2000 M. Riyadl.

____________________________. Shahih Sunan Ibni Majah. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. 1417 H/1997 M. Riyadl.

____________________________. Shifat Shalat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam minat-Takbiir ilat-Tasliim. Maktabah Al-Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’ (down load from : www.sahab.org/books).

____________________________. Silsilah Al-Ahaadits Ash-Shahiihah. Maktabah Al- Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Riyadl.

____________________________. Tamaamul-Minnah fii Ta’liq ‘ala Fiqhis-Sunnah. Daarur-Raayah. Cet. II. Tanpa Tahun.

Al-Barik, Haya binti Mubarak. Ensiklopedi Wanita (Judul Asli : Mausu’ah Mar’atil-Muslimah). Daarul-Falah. Cet. X. 1423. Jakarta.
Al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il. Shahih Al-Bukhari. Maktabah Sahab (Down load from : www.sahab.org/books).

Al-Haitsami, Nuruuddin ‘Ali bin Abi Bakr. Mawaaridudh-Dham’aan ilaa Zawaaidi Ibni Hibban. Maktabah Al-Misykah (down load from : www.almeskhat.net/books).

Al-Halaby, Ali bin Hasan Al-Atsary. I’tikaf Menurut Sunnah Nabi (Judul Asli : Al-Inshaaf fii Ahkaamil-I’tikaaf. Pustaka Mantiq. Cet. I. 1997. Solo.

____________________________. Shalat Hari Raya dan Qurban Menurut Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam (Judul asli : Ahkaamul-‘Iedain fis-Sunnatil-Muthahharah). Pustaka Hauraa’. Cet. III. 1420/1999 M. Yogyakarta.
Al-Hilaly, Salim bin ‘Ied. Ensiklopedi Larangan Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah (Jilid 2) (Judul Asli :Mausu’ah Al-Manahiyyisy-Syar’iyyah fii Shahiihis-Sunnah An-Nabawiyyah). Pustaka Imam Asy-Syafi’i. Cet. I. 1426/2005. Bogor.
Al-Hilaly, Salim bin ‘Ied dan Al-Halaby, Ali bin Hasan Al-Atsary. Mukhtashar Kitab Shifat Shaumin-Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam fii Ramadlan. Maktahab Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
____________________________.  Puasa Bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam (Judul Asli : Shifat Shaumin-Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam fii Ramadlan). Daarus-Sunnah Press. Cet. I. 2004. Jakarta.
Al-Juda’i, Nashir bin ‘Abdirrahman bin Muhammad. Amalan dan Waktu yang Diberkahi (Judul Asli : At-Tabarruk : Anwa’uhu wa Ahkaamuhu). Pustakan Ibnu Katsir. Cet. I. 1425/2004. Bogor.
Al-Mundziri, Zakiyyuddin ‘Abdil-‘Adhim Al-Hafidh. Mukhtashar Shahih Muslim (Tahqiq : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani). Al-Maktab Al-Islamy. Cet. VI. 1408/1987.
Al-Qahthani, Sa’id bin ‘Ali bin Wahf. Hisnul-Muslim min Adzkaaril-Kitaab was-Sunnah. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
An-Naisaburi, Al-Hakim Abu ‘Abdillah Muhammad bin Abdillah. Al-Mustadrak ‘alash-Shahihain. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
An-Nasa’i, Abu ‘Abdirrahman Ahmad bin Syu’aib bin ‘Ali. Sunan Ash-Shughra (Al-Mujtabaa) (dengan penghukuman hadits : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani). Maktabah Al-Ma’aarif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. Tanpa Tahun. Riyadl.
____________________________.  Sunan Al-Kubraa. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
Al-Qusyairi, Muslim bin Al-Hajjaj. Shahih Muslim. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books)
As-Sijistani, Sulaiman bin Al-Asy’ats (Abu Dawud). Sunan Abi Dawud. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
As-Sindi, Nuuruddin bin Abdil-Hadi. Hasyiyah As-Sindi ‘alan-Nasa’i. Maktabah Sahab  (down load from : www.sahab.org/books).
Ath-Thibrizi, Muhammad bin ‘Abdilah Al-Khathib. Misykatul-Mashaabih. Tahqiq dan Takhrij : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Maktabah Al-Misykah. (down load from : www.almeskhat.net/books).
At-Tirmidzi, Abu ‘Isa Muhammad bin Saurah. Al-Jami’ush-Shahih Sunan At-Tirmidzi. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
Ibnu Anas, Malik. Al-Muwaththa’. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
Ibnu Hanbal, Ahmad. Al-Musnad. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
Ibnu Hazm. Maraatibul-Ijmaa’. Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah. Beirut (down load from : www.almeskhat.net/books).
Ibnu Khuzaimah, Abu Bakar Muhammad bin Ishaq. Shahih Ibni Khuzaimah. Maktabah Sahab (down load from : www.sahab.org/books).
____________________________. Shahih Ibni Khuzaimah. Tahqiq dan Ta’liq : Dr. Muhammad Musthafa Al-A’dhamy. Al-Maktab Al-Islamy. Cet. Tahun 1400 H/1980 M. Damaskus.
Ibnu Majah, Abu ‘Abdillah Muhammad bin Yazid. Sunan Ibni Majah (dengan penghukuman hadits : Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani). Maktabah Al-Ma’aarif lin-Nasyr wat-Tauzi’. Cet. I. Riyadl.
Ibnu Qudamah, Muwaffaquddin Abu Muhammad Abdillah. Al-Mughni. Maktabah Al-Misykah (down load from : www.almeskhat.net/books).
Jawas, Yazid bin Abdil-Qadir. Doa & Wirid. Pustaka Imam Asy-Syafi’i. Cet. III. 1424/2003 M. Bogor.
‘Utsamin, Muhammad bin Shalih dan Aali Bassam, ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman. Tanbiihul-Afhaam dan Taisirul-‘Allaam; Syarh ‘Umdatil-Ahkaam. Daar Ibn Haitsam (Dicetak Bersama). 1425/2004 M. Mesir.
Abu Al-Jauzaa’

Tentang admin

Admin adalah orang-orang yang peduli terhadap kemaslahatan umat, terutama dalam menghadapi tantangan zaman berupa hujatan, fitnah, dan upaya-upaya lain yang mendeskriditkan dunia Islam. "Biodata Penulis".
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama