Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5[ImagesOnly]

Style6


Hal         :Proposal Membangun Jaringan Media Dakwah Masjid



Kepada Yth :

Pengurus Masjid Dan Jamaah Masjid

Di manapun berada



Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Segala puji bagi Allah ,Tuhan semesta Alam,yang senantiasa menganugerahkan begitu banyak nikmat nikmat-Nya kepada kita semua.. dan ketika kami bisa menyusun kata demi kata yang dirangkai sedemikian rupa untuk sebuah proposal “Membangun Jaringan Media Dakwah Masjid” hal tersebut tidak lepas dari nikmat yang dianugerahkan Allah, Nikmat hidup,nikmat sehat jasmani dan rohani , nikmat kemerdekaan dan nikmat-nikmat lainnya. Dan diantara nikmat tersebut,tentu yang paling nikmat dirasakan adalah nikmat iman dan Islam. Tanpa nikmat nikmat yang merupakan anugerah dari Allah subhanahu wa taala tersebut,kami tidak mungkin bisa melakukan semua ini.

         Semoga dengan mengingat nikmat-nikmat tersebut ,bisa menjadi hamba yang mensyukuri nikmat-nikmat-Nya,karena kami harus sadar bahwa kenikmatan tersebut juga merupakan ujian bagi kami,apakah kami bisa lolos uji menjadi hamba yang mensyukuri nikmat-nikmatnya atau justru menjadi hamba yang kufur,dengan meng-ingkari kenikmatan tersebut atau mempersalah-gunakan kenikmatan untuk hal-hal yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

       Selain menyadari saat menyusun Proposal ini tidak lepas dari anugerah kenikmatan dari Allah Subhanahu wa ta’ala,apa yang kami lakukan ini juga bagian dari upaya mensyukuri nikmat-nikmat Allah Subhanahu wa ta’ala.

Maka dalam proposal ini kami menyampaikan  :

1. Latar belakang dari gagasan “Membangun Jaringan Media Dakwah Masjid”
2. Program “Membangun Jaringan Media Dakwah Masjid”
3. Mengenal Sekilas Tentang : Media Muslim Menjawab


Pertama :

Latar Belakang Gagasan Membangun Jaringan Media Dakwah Masjid


       Persoalan yang dihadapi umat Islam saat ini sangat banyak sekali, dan persoalan-persoalan tersebut meliputi berbagai bidang. Persoalan yang bersumber dari internal umat Islam sendiri ataupun pihak pihak Eksternal. Masjid yang merupakan tempat yang sangat strategis bagi umat Islam, Karena masjid yang merupakan sebaik-baik tempat di muka bumi ini. Di sanalah tempat peribadatan seorang hamba kepada Allah, memurnikan ibadahnya hanya untuk Allah semata. Dari sanalah titik pangkal penyebaran tauhid. Allah telah memuliakan masjid-masjid-Nya dengan tauhid. Allah ta’ala berfirman (yang artinya),

QS. Al Jin: 18

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”.

Dan Masjid masa kini juga tidak lepas dari berbagai persoalan persoalan yang dihadapi ,pada umumnya masjid saat ini ,lebih banyak diantara masjid masjid yang ada ,hanya digunakan sebagai tempat ibadah mahdhoh (shalat fardhu berjamaah dan shalat Jumat).

Ada juga sebagian masjid yang lebih mengedepankan penampilan penampilan fisik atau membuat acara yang menelan biaya yang tidak sedikit hanya untuk  hiruk pikuk dakwah yang menarik perhatian karena mengundang narasumber ternama tetapi hanya sesaat, tetapi tidak ada dakwah lanjutannya.
Ada juga sebagian masjid lainnya,terutama Masjid yang sudah dikelola secara serius dalam usaha memakmurkan Masjid. Masjid yang tidak hanya sekedar untuk tempat melaksanakan Ibadah –ibadah Mahdhoh, tetapi masjid yang sudah dipenuhi banyak kajian maupun kegiatan positif tetapi masih belum dioptimalkan semaksimal mungkin hingga manfaatnya belum bisa menjangkau lebih banyak orang lagi.
Selain itu banyak muslim mulai enggan datang ke masjid. Umat Islam baru melangkah ke rumah ibadah saat merasa ingin mendekat kepada Allah. Hal ini berdampak makin menipisnya kepekaan sosial dan kurang eratnya ukhuwah umat, banyak umat yang kini merasa sendirian dan tak tahu harus ke mana saat mereka butuh pertolongan dan bimbingan.
Di lain tempat sarana ibadah non Islam kini semakin tumbuh dan ramai dengan berbagai aktivitas keagamaan. Tak jarang di antara umat Islam ada yang terbujuk untuk mengikuti ritual agama lain hanya untuk bertahan hidup, mereka menggadaikan aqidah demi sekedar mendapat bantuan pangan yang sengaja disediakan panitia keagamaan sebagai daya tarik dakwah mereka yang pandai memanfaatkan psikologi rakyat miskin. Bahkan ada segolongan umat yang rela meninggalkan agama Islam hanya tergiur bantuan tersebut ..Naudzubillah Mindzalik…

Sesungguhnya di dalam Islam, Kaum Muslimin itu ibarat satu tubuh, apabila salah satu anggota badan sakit, yang lain akan ikut merasakan. Persoalan krisis ukhuwah dan pendangkalan akidah umat yang terjadi saat ini cukup memprihatinkan.
Tetapi seberapapun banyaknya persoalan dan problema yang dihadapi, hal tersebut tidak akan memberi perngaruh apa apa, kalau sekedar sebagai bahan pembicaraan apalagi hal tersebut dijadikan untuk saling tuding atau saling menyalahkan pihak lain. Karena jika hanya semacam itu dalam menyikapi persoalan persoalan tersebut, maka persoalannya tidak terselesaikan, justru punya potensi memperbanyak dan memperparah persoalan yang ada ,bahkan bisa merusak ukhuwah Islamiyah jika sampai saling menyalahkan dan mencari ‘kambing hitam’.
Jadi persoalan-persoalan tersebut kami posisikan sebagai tantangan, yang perlu dijadikan sebagai pemacu semangat untuk mengasah kemampuan dan kreatifitas dalam upaya menjawab tantangan . kalau tantangan tersebut dianalogi sebagai kegelapan maka dalam menyikapi sebuah kegelapan adalah upaya melepaskan kegelapan tersebut dengan menggunakan cahaya. Dan kegelapan akan sirna seiring datangnya cahaya penerangan.
Karena apapun persoalannya,seberat apapun permasalahannya jika disikapi dengan sikap yang tepat,maka persoalan tersebut akan terselesaikan. Apalagi persoalan tersebut disikapi dengan semangat kebersaman,semangat untuk saling bahu membahu dan bersinergi bekerja sama,maka penyelesaian masalahnya akan semakin ringan.
Demikian pula Dunia saat ini sudah memasuki era baru, yaitu era globalisasi, era dimana dunia seolah-olah sudah tidak dibatasi, era dimana informasi bisa berkembang dengan cepat. Peristiwa disuatu tempat dapat diketahui seketika itu juga dibelahan dunia lain, bahkan diseluruh dunia pada saat yang bersamaan. Pada era ini, media komunikasi dan informasi memegang peranan penting, siapa yang menguasai media, boleh jadi ia akan menguasai dunia.
Atas dasar inilah kami dari sejak awal tertarik dalam menggeluti bidang media informasi terutama media online sebagai upaya untuk menjawab sesuai kemampuan dan sebuah ikhtiar.

dan setelah proses panjang menekuni dalam bidang media online,maka saatnya apa yang kami tekuni selama ini bisa memberi manfaat  untuk  lebih  banyak lagi,  terutama bermanfaat  di  dunia nyata.  Dan tempat yang paling strategis untuk perjuangan syiar Islam, Masjid adalah tempat yang paling strategis Maka sejak tanggal 13 April pukul 14:47 kami dari “Media Muslim menjawab”  menyampaikan gagasan di :

 www.facebook.com/events/522332827808007/

Acara ini dibuat untuk merealisasikan sebuah Ide / Gagasan untuk mensinergikan antara Dakwah didunia maya dan dunia nyata, dan mensinergikan para aktfis dakwah di dunia nyata dan didunia maya sekaligus membangun silahturahmi antar elemen umat islam

Acara ini mendorong mendorong upaya untuk bagaimana memakmurkan masjid sekaligus membangun ukhuwah Islamiyah dengan saudara saudara lainnya yang memiliki keinginan yang sama.

Gagasan ini selain membangun silahturahmi dan komunikasi antar Masjid untuk sebuah kebersamaan Syiar Islam, Gagasan ini juga merangsang kreatifitas para aktifis dakwah didunia maya untuk menawarkan gagasan gagasannya kepada pengurus masjid yang terdekat.

VISI DAN MISI JARINGAN MEDIA DAKWAH MASJID

VISI

Menjadi Gerakan Dakwah Modern , yang basis perjuangannya dimulai dari aksi-aksi nyata dari Masjid dan menjadikan  tekhnologi informasi  sebagai sarana  untuk mengoptimalisasi jangkauan dakwah

MISI

1. Membangun dan membina sebuah kesadaran akan pentingnya peran Masjid  dan tekhnologi informasi dalam  usaha  berjuang  dijalan  Allah  Subhanahu wa ta’ala

2.Menyediakan sarana media yang mendokumentasikan karya karya para Ulama dan Ilmuwan Islam ,agar memudahkan umat Islam untuk  mengakses , menekuni dan mengkaji pengetahuan Islam yang sangat mereka butuhkan

3.Membangun semangat persaudaraan, kebersamaan dan persatuan antar elemen umat Islam, dengan lebih mengedepan-kan kesamaan Rabbnya, Kesamaan Nabinya dan Kesamaan Kitab Sucinya, dan mengesampingkan perbedaan yang tidak prinsipil agar bisa menghindari dari  potensi perpecahan dan juga untuk memudahkan bersinergi antar elemen umat Islam agar menjadi gerakan dakwah ini menjadi kuat ,laksana bangunan yang kokoh

4.Membangun dan membina semangat belajar,  belajar untuk menuntut ilmu,  belajar merealisasikan / mengamalkan ilmu yang sudah dimiliki, Semangat belajar berkarya yang bisa memberi manfaat untuk orang banyak

Dan untuk keseriusan gagasan ini Kami  sudah membuat media dakwah masjid maka Media  dakwah masjid di Dunia Online kami membuat Web : www.Masjid.asia , dan diharapkan bisa menjadi sarana untuk merealisasikan sebuah Media dakwah masjid online yang terintegrasi .

Maka sebagai awalan untuk di dunia nyata kami , menyampaikan gagasan kepada pengurus DKM Masjid Nurul Hidayah perlu membuat media dakwah yang  sederhana,tetapi diharapkan bisa disampaikan secara rutin, dan media tersebut adalah bulletin mingguan yang dibagikan ke masjid masjid. Dan bulletin tersebut kami namai dengan “NURUL HIDAYAH” , dan Alhamdulillah ide yang kami sampaikan gayung bersambut , hingga kini Buletin Nurul hidayah bisa terbit setiap hari jum’at dan sudah dibagikan dibeberapa Masjid wilayah Kelurahan Wijaya Kusuma dan sekelilingnya. Semua media tersebut hanyalah sarana bagaimana kita memulai melakukan sesuatu secara intensif, berusaha membangun  silahturahmi  antar elemen  umat  Islam  dan diharapkan  kedepan apa yang dilakukan ini bisa memberi manfaat untuk banyak orang
Karena  Gerakan  ini  diniatkan  hanya  untuk berharap Ridho Allah semata,maka bagaimana  harus berusaha melakukan hal yang disukai Allah,dan salah satu yang disukai Allah adalah :

Qs Ash Shaf 4

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُم بُنْيَانٌ مَّرْصُوصٌ

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.


PROGRAM MEMBANGUN MEDIA DAKWAH MASJID


Program Jangka Pendek
1.    Membuat pendataan alamat masjid masjid
2.    Mendokumentasikan bangunan fisik masjid yang sudah di data alamatnya
3.    Dokumentasi alamat dan Foto bangunan Masjid dipublikasikan agar bisa diakses oleh siapa saja dan dari mana saja,yaitu dengan memanfaatkaan teknologi informasi dan spesifiknya dipupblis di media online di www.masjid.asia dengan menggunakan sarana yang disediakan oleh wikimapia dan google maps.
4.    Mengadakan silahturahmi kepada pengurus-pengurus Masjid.
5.    Menerbitkan buletin yang terbit setiap jum’at untuk dibagikan ke masjid masjid dan bisa dibaca oleh jamaah tersebut.

Program Jangka Panjang
1.    Membantu pembuatan media online sebagai sarana dakwah , sekaligus menjadi sarana untuk mempublikasikan berbagai kegiatan Masjid yang dikelola oleh Pengurus Masjid.
2.    Membantu menghidupkan “Majalah Dinding” Masjid agar bisa dijadikan sarana untuk dakwah, yang materinya selalu diupdate dalam waktu tertentu
3.    Membantu untuk pelatihan Pengurus masjid yang memiliki keinginan mengelola media online tetapi terkendala karena belum bisa atau belum mengerti cara pengelolaannya
4.    Menyediakan forum online untuk memudahkan komunikasi secara intensif  antar aktifis gerakan membangun media dakwah masjid.

Semoga dengan keberadaan Jaringan Media Dakwah Masjid menumbuhkan semangat banyaknya kegiatan kegiatan yang dibuat oleh pengurus Masjid dalam upaya memakmurkan Masjid dan  bagi pengurus Masjid yang sudah mengupayakan semaksimal mungkin memperbanyak kegiatan untuk memakmurkan masjid dengan keberadaaan Jaringan Media Dakwah Masjid akan semakin banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari apa yang diusahakannya

3. Mengenal Sekilas Media Muslim Menjawab

Untuk mengenal sekisal tentang Media Muslim Menjawab bisa di baca di link ini :

http://www.muslim-menjawab.com/p/tentang-kami.html


Bagi yang berminat Pengurus Masjid atau Jamaah Masjid tertarik untuk berpartisipasi dengan gerakan " Membangun Jaringan Media Masjid " bisa kontak ke email kami : admin@muslim-menjawab.com

Tentang admin

Admin adalah orang-orang yang peduli terhadap kemaslahatan umat, terutama dalam menghadapi tantangan zaman berupa hujatan, fitnah, dan upaya-upaya lain yang mendeskriditkan dunia Islam. "Biodata Penulis".
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: